28 November 2019. Alhamdulillah, Rasa Syukur kami panjatkan bahwa Keberadaan Kerajinan Tangan dari batang kopi disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang dalam hal ini dinaungi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan atau biasa di sebut DEKRANASDA OKU Selatan.
Keberadaan Kerajinan Tangan ini dimulai oleh IKM Ringgit Hills Craft dengan memanfaatkan batang kopi menjadi seni ukir ataupun souvenir/ oleh2 khas dari OKU Selatan yang dahulunya petani kopi hanya memanfaatkan batang kopi menjadi kayu bakar. Kini batang kopi memiliki variant baru – inovasi baru dengan dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan.

Timbal balik dari kerajinan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk pengembangannya.
Banyak sekali yang sudah mensupport dan memberi masukan untuk pengembangan lebih dari kerajinan tangan sendok batang kopi ini.
Pengenalan akan produk kerajinan dari batang kopi sempat menjadi pertanyaan juga diberikan semangat “lanjutkan” dari gubernur Sumatera selatan H. Herman Deru ketika Launching perdana pada Festival Danau Ranau Indonesiana Tahun 2019 di Stand Bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKU Selatan.
Juga sempat diberi masukan oleh Narasumber ketika pelatihan barista di Cafe Rakopa Muaradua dengan Produksi Baru untuk sendok dan tatakan gelas barista yang meminta agar Kerajinan ini diproduksi sesuai dengan porsi penikmat kopi.
Kini meskipun belum mendapatkan hasil yang sempurna keberadaan Kerajinan ini sudah terdaftar pada Kerajinan Asli Daerah Provinsi Sumatera Selatan /Kerajinan Dekranasda Sumatera Selatan yang pada Kamis Kemarin tanggal 28 November 2019 di Sekretariat Dekranasda OKU Selatan memberikan workshop serta pelatihan input data bagi IKM Binaan Dekranasda OKU Selatan.

Related Images: